Halaman

Rabu, 26 Juni 2013

Resep : Steam Fillet Kakap with Kiwi Fruit

Seperti yang diceritakeun di wiken kami kemarin. Aku syenang sekali karena ada promo fillet ikan kakap. Tetapi jangan ditanya berapa ya harganya, aku lupa ehehehe... Borong? ooou tentu saja tidak..mau buat apa pake borong-borong segala. Cuman beli sedikit kok, cukuplah buat kami bertiga.
 
Hasrat memasak tumben aja muncul, yaah walaupun sempat yaa ilang-timbul karena gangguan sinyal. Daan resep yang mau aku eksekusi judulnya adalah Steam Kakap Asam [Pedas] with Kiwi Fruit #ceritanya ngikutin judul masakannya ala masterchef yang suka panjang dan belibet itu hihi.. Tetapi karena ada Devdan yang baru mulai belajar makan masakan rumah, maka awalnya dibuat versi gak pedasnya dulu, baru deh setelah disisihkan bagiannya, kita bikin versi super pedasnya. Kenapa pakai buah kiwi? karena akhir-akhir ini suka susah yaa ngedapetin si belimbing wuluh itu.. +.+
 
Enihoo..sesekali gaya aja boleh dong yaa posting resep masakan hasil eksekusi saya, seorang wanita - istri - seorang ibu, tapi gak bisa masak. Bisa posting resep dan bukti foto itu membutuhkan tingkat PeDe yang superb. Hehehe baiklah, oia resep aselinya silahkan di googling saja yaa, saya lupa ini tepatnya dimana karena saat itu langsung copy dan save di note saya. Tapi kayaknya banyak kok resep masakan gampil seperti ini.
 
Ahahaha.. habis membaca resep ini please yaa yang pada jago masak gak usah pada ketawa.. Hihihi kenapa? soalnya pas aku makan hasil makanan ini, tetiba keingat sama salah seorang kawan perpumpingan juga, yang luar biasa jago masak..Wkwkwk dan menurut dia, tipe masakan yang kayak aku buat sekarang ini mah bukan masak, Tapi cuman cemplung-cemplung aja jadi Hihihihi...#dia memang benar sekali :) . Ini benar-benar super gampil, tapi buat aku ini tetap masak judulnya #keras kepala hihi...#dan langsung dihujani tupperware
 
Ehem...sebelum dilihat resepnya, beginilah penampakan hasilnya. Jika dirasa penampilannya tidak meyakinkan, percayalah itu karena kesalahan fokus kamera #mwihihi malah nyalahin kamera loh.. Kalau soal rasa, mmm silahkan dibuktikan dengan membuat sendiri. Pasti akan jauuuuuh lebih enyak buatan teman-teman =.=" ehem...lalu hasil masakannya juga boyee kok dikirim ke saya, dengan senang hati saya akan menerimanya ^^  ...
 
Eih..tapi kata si Ayah masakan ini enyak loh...apa karena waktu itu gak ada makanan lain ya yang bisa dia makan gyahahaha.... uuw..tapi Devdan juga suka , lahap pulak.. berarti beneran enyak dong yaaa #Puedepoll , Kan katanya anak kecil gak pernah boong.. ya kan? ya kan?

 
Baeklah.. begini nih resep yang saya eksekusi waktu itu. Resep saya adjust sedikit dengan selera lidah saya dan ketersediaan bahan yang ada ^^ But dont worry.. you can create your own taste later ^^
 
Bahan :
  • 300 gram Kakap Fillet (bersihkan dan kucuri jeruk, lalu marinate sebentar)
  • 1 buah Kiwi Zespri (kupas lalu potong sesuai selera)
  • 1 sdt minyak ikan/wijen (aku pakai saus tiram, karena tak punya ini)
  • 3 siung bawang putih (keprek)
  • 1/2 buah bawang bombay (iris)
  • 1 ruas jari jahe (keprek)
  • 1 sdt lada bubuk
  • 10 biji buah Wolfberries kering --> mwahaha buah apa ini pula aku tak tau, so skip deh^^
  • Irisan cabe (dimasukkan setelah porsi buat Devdan disisihkan terlebih dahulu)
  • Garam, gula bila perlu
 
Selain bahan diatas aku juga tambahkan :
  • 1 buah kentang test (potong dadu)
  • 1 buah tomat (potong delapan)
  • 1 batang daun bawang (iris tipis)
 
Cara memasaknya :
  • Setelah ikan bersih, atur semua bahan tersebut ke dalam wadah/pinggan tahan panas
  • Kukus dengan oven / rice cooker / slow cooker, sampai daging ikan matang dan lembut. Jika memakai oven / rice cooker kira-kira masak hingga 20-30 menit. Jika memakai slow cooker membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit
  • Jika semua bahan sudah matang, sisihkan dulu porsi untuk si kecil, baru masukkan irisan cabe rawit sesuai selera.
  • Jika sudah angkat dan sajikan panas-panas...
 
Hehe berhubung saat mengeksekusi masakan ini aku prefer memakai slow cooker-nya Devdan. Jadi memang proses memasaknya itu cuman tinggal cemplang cemplung doang dan voilaaa jadi deh... Oia makanan ini akan berasa lebih lengkap dengan taburan bawang goreng dan juga taburan cabe bubuk, biar hangatnya lebih berasa lagi ^^
 
Baiklah selamat mencoba yaa ^^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for leaving me a comment ^^