Halaman

Senin, 22 April 2013

Peralatan tempur ASI-nya working MOM

Hai..ceritanya habis dari dokter di klinik bawah.. mau pumping habis ini. Eh keingetan dong jika kemarin itu, pas hari Kartini, ternyata sudah tepat 10 bulan aku mulai rutin pumping. #yeay..tepuk tangan...

Nah loh Devdan kan udah 10 bulan lebih 10 hari, kok baru mulai pumping..?? hayoo sepuluh hari kemarin sufor yaa? hehehe tidak ibuk-ibuk, ini yang mau dibahas  adalah tentang rutinitas PUMPING alias mulai pompa. Jadi selama sepuluh hari setelah Devdan lahir jadwal pumping saya masih ngacak adut dan belum bisa nyetok ASIP. Tapi syukurlah tepat di hari kesepuluhnya Devdan, akhirnya saya mulai bisa terus nyetok ASIP sampai sekarang ini, dan mudah-mudahan bisa terus lanjut yaa sampai HAK dua tahunnya Devdan akan ASI bisa terpenuhi.
 
Karena hati ini sedang riang gembira, jadi pengen gitu share tentang peralatan tempur saat berjuang buat ASIx dan lanjut terus stock-ing ASI buat si bayi Devdan. Kebetulan saya ini adalah 8 jam working-mom, dan semenjak bertekad kasih ASIx, bawaan kekantor selain tas kerja adalah ngegembol peralatan pumping. Apa aja isinya ? coba kita lihat di gambar.. Hehe gak seheboh ibu-ibu lain mungkin yaa, eh atau malah lebih rempong wkwkwkwk...  Cekidot yuuk :
 
  
 1. Cooler BAG
     Ini cooler bag kedua yang aku punya. Cooler Bag pertama itu gratisan dari Dr. Brown, karena beli beberapa produknya Dr. Brown waktu itu. Bentuknya seperti ini kira-kira. Suka banget sama cooler bag yang Dr. Brown ini sebenernya, karena bentuknya selempang gitu dan gak bulky. Tapi ya jadinya kalau bawa botol dan pompa, kadang harus ada yang ngalah ditaruh di tas lain :(. Dan sekarang juga tasnya udah jebol hihihi.. karena sering dipaksa penuh kali yaa muatnya.
 
Sehingga akhirnya beli lagi yang baru, yang warna merah ini. Boogybaby. Lebih besar tapi juga gak besar banget. Yang aku suka selain warna merahnya dari tas ini adalah bisa muat pompa, icegel/pack juga bisa muat 4-5 botol kaca hasil pompaan hari ini. #Yeay aku senang... Oiya harganya juga murah.. #Murah tapi gak murahan loh..hehehe kualitas bahannya OK banget. Cinta deh sama tas yang ini.
 
 2. Pompa ASI
     Kalau urusan pompa, pompa yang aku taksir sejak awal memang keluarannya Avent yang kayak pernah aku ceritain disini ini. Bisa elektrik, bisa juga manual. Terus ada petal silicone-nya. Jadi berasa nyaman saat lagi pumping ibuk-ibuk. Oia awalnya botol plastik bawaan dari pompa ini yang kecil, yang gak nyampe 150cc itu. Dan karena dulu produksi sempet alhamdulillah banyak yaa, maka aku ganti aja botolnya jadi yang 260cc, soalnya males buka tuang buka tuang gitu.
 
Pas masih awal banget, lebih suka pakai yang elekrik. Makin lama kesini ternyata buat aku enakan yang manual hehe.. dan kalau Marmet ? aduh gak nahan back pain-nya di pundak / bahu, jadi give up aja deh, kecuali kepepet. Hehe.. Pakai Manual itu rasanya lebih cepat LDR nya kalau aku, jadi botol cepat terisi, jadi gak pakai lama-lama deh waktu pumping.
 
 3. Botol kaca Lubby
    Yang ini juga botol favorit. nama bekennya emang botol Lubby. Di rumah juga ada beberapa botol EX-UC. Tapi dari segi penyimpanan ternyata gak ekonomis ini si botol UC. Secara yaa kulkas/freezer saya juga terbatas, yaa walaupun demikian pernah ngerasain lah yang namanya nampung seratus-an botol di sini. (Apa kabarnya stok ASIP ku yang tinggal 70an ituh  hikz hikz.. =)).
 
Kalau dari harga, Lubby ini memang lebih mahal dari UC dan si botol karet. Tapi soal kualitas hmm..me very likey deh ah.. Pernah kejadian beberapa kali jatuhin ini botol, tapi alhamdulillah aman-aman sentosa. Pernah juga agak kepenuhan, eih..tapi juga gak retak/pecah kayak si UC.

 
Kekurangannya itu cuman satu, dan bisa fatal tapinya. Yakni tutupnya Lubby ini gampang karatan, KALAU dalam penyimpanannya kurang OK. Jadi kalau habis dicuci (atau mungkin ada yang steril juga), tutup bagian dalam ini harus di lap sampai kering. Jadi gak ada air yang sembunyi di ulirnya, yang berpotensi jadi karat itu tadi. Tapi kalau sudah terlanjur karatan? ya udah sih buang aja, beli baru lagi tutupnya aja. Hehe..
 
 4. Plastik ASI (cadangan)
     Ini hanya buat cadangan saja, siapa tau aku lupa bawa botol, atau kehabisan botol (wkwkwk dulu sih pernah kehabisan botol, sekarang mah stok botol kosong merajalela..).
 
 5. Pouch gratisan dari Garu*a
     Pouch ini emang beneran gratisan dari si maskapai penerbangan nasional kita itu. Isinya sih sebenernya sebangsa popok dll. Karena lumayan banyak ini pouch, maka popok itu aku keluarkan, pouchnya aku cuci dulu terus isenk aja aku masukin botol-botol Lubby ku tadi itu. Eh ternyata ukurannya pas banget deh sodara-sodara. Dan pas buat empat botol saja.  dan lebarnya fit in, pas banget panjangnya masuk ke cooler bag ku tadi bersanding dengan si pompa. #yeeay  jadi rapih deh...
 
 6. Tissue basah
     Buat bebersih aja kalau ada tumpahan ASI yang lengket.
 
 7. Storage box Lock n Lock
     Ini kotak buat nyimpan pompa, setelah dipakai, dan dibersihkan. Jadi prikintilan pompa nanti masuk kesini, terus disimpan deh di kulkas. Wkwkwk..
 
 8. Liquid Cleaner
     Ini buat bersihin pompa-nya. Males bawa Semacam Sleek gtu sih. Jadi habis dipakai pompa itu dibilas pakai air panas, terus dikocok/rendam pakai cairan ini, lalu setelahnya dibilas lagi pakai air panas sampai bersih. Dilap, terus masukin ke kotak ini deh.
 
 9. Tissu basah buat Nippl*
      Yup, kadang kan suka keringetan yaa pastinya, maka sebelum pumping biasany di lap dulu pakai tissue basah ini. Terus dihandukin deh sampai kering. Then ready to pump ^^
 
10. Handuk kecil bersih
      Hehe lupa keluarin handuknya, ada di dalam tas hehe.. Ini mah buat support aktivitas nomer 9 tadi.. ^^ Sama nge-lap pas habis pumping, kadang suka ada yang beleberan ASI nya hehehe...
 
11. Ice Gel/Ice Pack (gak ada gambar yaa, ada di kulkas soalnya hehe)
      Ini penting banget kayaknya yaa. Intinya bisa nge-buat ASIP lebih aman saat proses penyimpanan.
 
Yap begitulah kira-kira peralatan tempur saya selama ng-ASI ini. Mudah-mudahan bisa jadi pondasi awal yang baik dan kokoh buat anakku Devdan tercintaaah ^^.. Sehaaat terus ya nak..#smooch
 
Heii pada penasaran gak sama nursery room di kantor Eike ? Hehehe.. sabar yaa,,aku mau pumping dulu, tar kalau ada waktu aku ceritakan lagi bagian ini hehehe... -ciaooo-

update : cerita nursery room-nya ada  di sini yaa...

2 komentar:

  1. Hihihihi. Lengkap baget deh peralatan tempur asipnya. Emang ya biat anak kudu yang the best! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iya donk ^^ walau itu perlengkapan bebersihnya lebih sering aku tinggal di rak nya aja setelah beres-beres pulang wkwkwk biar gak berat..

      Hapus

Thank you for leaving me a comment ^^