Halaman

Senin, 07 Januari 2013

Disaster end of 2012 : Freezer mati - ASIP ?

Wah ngintip draft box ternyata masih ada nih tulisan akhir 2012 yang belum dipajang di sini hehehe...
Baiklah diputuskan untuk di-publish saja lah yaa.. Kali ini mau cerita tentang kepanikan kami, karena freezer penyimpan ASIP tiba-tiba mati sodara-sodara.. #omaiiijot

Baiklah begini ceritanya..
 
30 Desember 2012
 
Okei..dua hari lagi sudah 2013..
Long wiken juga sudah mulai dari kemarin-kemarin..
Acara menarik selama long wiken? haha..kruntelan aja bertiga, sama ayah sama si bayi ganteng.. Setiap hari kami ke RS Premier Bintaro..huhuhu...apa pasal? Hiks Devdan kena batuk pilek yang lumayan parah, jadi mau gak mau musti di nebul a.k.a diuap.




#Tak papa deh semoga cepat sembuh yaa nak..^^

Dan kemarin malam ada disaster sodara-sodara. Entah kenapa freezer di kulkas yang baru beli itu mati! #panik.. Iyaa sangat panik dan mendadak stress, kenapa? Karena stok ASIP Devdan yang sekitar 100an botol itu ada disitu. Untung cepat ketahuan, karena sejujurnya pintu freezer itu emang jarang dibuka. Dan botol-botol yang tadinya super beku, sudah mulai tampak mencair.. Memang awalnya si ayah udah curiga gitu dengan adanya air yang gak tau darimana asalnya disekitaran lemari es ini. Berhubung sering ujan, jadi kami mikirnya santai aja, barangkali ada yang bocor atapnya nih..
#eh ternyataaa... =(
 
Dan si ayah ASI ini pun langsung sigap, nyalain kulkas lama yang udah berubah fungsi sementara jadi lemari penyimpanan bahan makanan kering. Dan gegap gempita mindahin ASIP dari kulkas baru ke kulkas lama, hikz gak cukup dong sodara-sodara, karena freezer lama memang lebih kecil. Semaleman itu juga si ayah ASI tercinta gubrak-gubruk #hadaah maafkan kosakata saya yaa pemirsaah# ngecek freezer baru tersebut dan sibuk menyelamatkan ASIP nya Devdan..

Ajaibnya dan Alhamdulillah, si baby yang kami tinggal sendirian di kamar atas, mendadak pules boboknya. Sementara kami berdua gotong royong di dapur bawah.. Dooh gak kebayang pulak jika malam itu si bayi masih rewel kayak dua malam sebelumnya.. Dua malam berturut-turut padahal, si bayi sama sekali gak mau ditinggal, taroh-nangis deh pokoknya..=( #bersyukur sangaat.


Sebagian Stok ASIP

Dan saat ini semua ASIP sudah beku kembali. Tapi freezer masih dalam masa observasi.. Semogalah semua bisa kembali normal..
Devdan sehat, freezer juga sehat kembali, ASIP pun selamat..
amienn...#doakan yaaaa hihihi...
...
 
Dan syukurlah sampai hari ini tadi (7 Januari 2013), semua sudah kembali normal. ASIP beku udah kembali bersarang disana dengan nyaman hehehe... Lepas dari itu ada pelajaran berharga memang, untuk menanggulangi bencana kecil macam kami kemarin ini (baca : freezer ASIP mati).
  
Tips-nya mungkin :
  • Jangan panik dan harus kontrol emosi.
  • Bekerjasamalah dengan orang-orang rumah. Dan berilah kepercayaan penuh ke orang yang terpercaya untuk segera memperbaiki/mengecek freezer yang mati tersebut
  • Tenang saat memindahkan botol-botol ASIP ke save storage sementara, karena dijamin ASIP gak bakal seketika itu juga rusak. Dan lagi kalau buru-buru malah ada resiko pecah kan yaa..
  • Nyetok es batu dalam plastik itu ternyata ada manfaatnya juga lho..at least nge-bantu ASIP bertahan dalam suhu yang relatif sama untuk beberapa waktu. (gak langsung berubah drastis suhunya)
  • Kontrol juga save storage sementara itu untuk segera mendingin, karena kalau engga ASIP malah makin mencair. Kalau kasus kami kemarin, nyalain kulkas yang udah lama gak dipakai, dan mendinginkan freezer-nya butuh waktu kurang lebih setengah jam lho.. =( itulah kenapa peran es batu penting disini.
  •  
  • Nah terus, kalau misal freezer utama udah mulai membaik, jangan buru-buru dipindahin semua ke freezer ini. Tapi sampling aja dulu atau bertahap, sambil di observasi. Kejadian nih kemarin, pas masa observasi eh..ditengah-tengah masih sempet mati lho freezer. kebayang dong kalau pas itu langsung pindahin semua ke sini.
  •  
  • Kalau sudah beres dan yakin freezer itu udah sehat. baru deh pelan dan pasti alias jangan buru-buru pas mindahin botol-botol itu kembali ke sarang utamanya.
Begitulah sharing-nya hari ini ibues/bapaks. Semoga semua simpanan ASIP tetap berjaya numpuknya dan gak perlu mengalami disaster seperti kami kemarin..#wkwkwk berasa kayak MT si motivator itu deh ah jadi malu...

2 komentar:

  1. thx ya tipsnya.
    emang masalah ASIP ini penting banget. Jangan sampeee aja ASIP yang udah dikumpulin susah payah cair begitu aja tanpa perjuangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo samo-samo semoga berguna dan tidak usah mengalami hal yang sama tapinya..
      #wkwk baru dibalesin ih komennya, yaa maap sibuk saya, sibuk BW ampe nyasar kemana-mana ^^ hihi lupa jalan pulang...

      Hapus

Thank you for leaving me a comment ^^