Halaman

Senin, 20 Januari 2014

Ouhnyooo... Si Bayi Keseleo

Huhuw.. hal yang paling menyenangkan buat orangtua itu salah satunya kalau lihat anak sehat, lari-lari kesana kemari, riang gembira tralala.. Yaah walau kadang suka bikin pening juga sih, kalau misalnya si bayi malah ternyata lebih seneng lari-larian daripada makan, atau misalnya pas lagi liat maenannya tersebar seantero jagat raya hehehe.. tapi itu semua pasti akan berasa nikmat banget, dibandingkan saat melihat anak kesayangan sakit.

Devdan termasuk anak yang lumayan aktif, dan sedikit atraktif sih yaah.. Dia suka sekali mengorbit kesana kemari, yaa seperti kebanyakan anak yang suka heboh kesana kemari, tentunya lintasan orbitnya juga gak jelas, suka-suka dia lah. Eh, tapi bukan berarti dia gak bisa diajak untuk bergerak teratur loh, kayak misalnya pas acara jalan-jalan daycare nya ke seaworld atau cuman disekitaran gedung, syukurlah Devdan juga bisa mengikuti teman-temannya yang lain. Oia Devdan juga suka banget outdoor activity, emm..misalnya yaa kayak jogging pagi tiap minggu pagi itu.

Dan..tiba-tiba harus melihat Devdan diam, gak mau jalan sama sekali itu nyiksa banget saudara-saudara! Tiap mau dicoba diturunin ke lantai, langsung berontak, ngamuk parah..dan emaknya pening banget ngeliat kayak gini. YUPz! Devdan jatuh pas libur sehari minggu lalu. Kepleset pipis nya sendiri sepertinya, karena saat itu memang devdan gak dipakein diapers, cuman pakai training pant. Dan mungkim hawa dingin yaa, jadi frekuensi pipisnya banyak banget saat itu. Karena kami kaget *beneran kaget banget, lupa juga lah kami prosedur untuk tidak berteriak kaget. Dan ternyata ini FATAL loh temans! Selain memang engkel kaki Devdan keseleo, efek dari teriakan kekagetan kami ini adalah Devdan trauma! Trauma karena jatuh, menjadikan dia sama sekali gak mau jalan. Yang bahkan diusia 19 bulan ini dengan tegas dia akan bilang GAK MAU, jika kami membujuknya at least untuk berdiri/menapakkan kakinya ke lantai.

Penolakan ini juga terjadi sampai keesokan hari di daycare nya. Caregiver yang menghandle Devdan bilang kalau hari itu Devdan bahkan memilih bermain di dalam Crib bayi daripada dia harus menapakkan kakinya ke lantai.. iya bener sampe segitunya! Paniklah ibu si bayi, terus langsung gotong aja ini si bayi waktu lagi asyik ngikutin acara ulang tahun temen di daycare, hari rabu kemarin #ehym maap ya nak.. Dokter cantik kesayangan, dr Atilla, lagi cuti ternyata..yo wis cari dokter lain dong yaa, pilihannya dr Sanders atau dr L, oh nyoo tentu saja skip dr L, daftarlah ke dokter Sanders, si dokter ganteng idola ibu-ibu sedunia hahaha.. dan ga syok sih praktek belum mulai udah dapet antrian dua digit aja. Eh pas nungguin kok ternyata ada dokter lain yg malah udah buka praktek dan sepi..of course langsung ijin pak suami buat ganti dokter aja, dr Irma namanya. Dan pilihan yang tepat kakak *ngomongnya kayak mbak yang nawarin menu di piJaHut hihi* Dibilang antrian nomer empat saja, eh tapi baru mau masuk ke nurseryroom buat kasih ASI ke si bayi sembari menunggu antrian eeh udah dipanggil aja *ih syenang..

Di ruang dokter cecurhatan dimulai, dan sang dokter mendengarkan sambil menjelaskan juga sambil memeriksa semua anggota tubuh si bayi yang tentu saja berontak kuat. Terus si bu dokter mau nge-test jalan si bayi..maigot! bu dokter ini dibilang devdan ga bisa jalan sih gak percayaan! Eh waktu aku mau pegang devdan, malah disuruh menjauh. Jadi devdan dipegang sama bu dokter dan di titah.. nangis kejer eh tapi tapi dia mau jalan aja dong yaa mengejar mamaknya ini sambil tereak "mii..mii.." (mommy maksudnya). Dan bu dokter pun bilang semua aman. Devdan mungkin terlalu kaget gitu diagnosanya. Kalau sakit mungkin memang ada, tapi sebenernya gak sampe sebegitunya. Yowislah agak adem ini dengernya..

Tinggal list PR dari bu dokter nih dijalankan. Jadi kira-kira begini saran dari beliau kalau anak salah urat alias keseleo, yang pertama sekali disarankan adalah hindari tukang urut. Kenapa? Karena sebenernya recovery anak terutama di peredaran darah itu masih sangat baik dan relatif cepat. Jika diurut alias dipaksakan biar baik (sembuh) saat itu juga, kemampuan sel anak untuk berlatih menjadi nol! Belum lagi resiko besar jika salah urut atau bahkan dislokasi tulang dsb karena saat diurut si anak berontak hebat.

Yang diperlukan adalah membantu proses pemulihan peredaran darahnya, yakni dengan cara menghangatkan bagian tubuh yang keseleo sesering mungkin. Bisa dengan berendam air hangat, diusap lembut dengan kayu putih/minyak telon atau cara tradisional memakai boreh (olesan tradisional) beras kencur. Buatnya gampang bangetlah *cuman keringetan sih hihi, cukup dengan parutan kencur dan beras lalu ditumbuk jadi satu sampai halus ditambahkan air secukupnya. Masukkan ke kulkas sebelum dipakai juga bikin efek dingin yang menyenangkan, hehe devdan yang awalnya nangis "papain papain" (:ngapain:) waktu dikasi olesan yang dingin ini, malah tampak menikmati hehehe... Tuh liat deh tampangnya.


Yang terakhir yaa emang harus sabar sih yaa...gitu kata caregivernya di daycare. Hihihi... anyway soal tentang jangan diurut dan dihangatkan ini awalnya aku dapet dari mereka ini loh, canggih yaa! Soale dulu kapan itu devdan juga udah pernah sekali keseleo. Dan saran ini memang berhasil diterapkan loh ibues bapaks. Jadi kalau bisa sih yaa emang bener dihindari dulu lah tukang urut buat bayi saat keseleo.

Kemudian kalau untuk trauma jalannya, memang butuh waktu. Kalau kemarin sih dikasih hypnotherapy terus ke si bayi. Dibisikin kakinya cepat sembuh yaa terus nanti bisa jalan-jalan lagi sama ayah sama ommy, pake sepatu keren *hihi plus dibumbui dengan ngeliatin foto-fotonya Devdan yang di postingan ini. Sambil cencunya ngelatih dia berani jalan lagi. Syukurlah ada progres yang lumayan cepatlah yaa, sabtu kemarin si bayi udah bisa diajak  nyari pompa asi buat calon dedek bayinya ontinyon. Walau yaa masih belum seaktif dulu.. Again harus sabarlah katanya *sodorin pundak ke ayah buat dipijitin. Ayooh Devdan kamuh bisa!! *loncat loncat gaya cheerleader dan kemudian ditinggal pergi si ayah yang malu ngeliatin polah si istri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for leaving me a comment ^^