Halaman

Selasa, 21 Januari 2014

Mulai (sok) cari sekolah buat Devdan

Devdan itu belum ada dua tahun saat ini. Giginya aja baru tiga belas hehehe.. Tetapi gegara aku bergaul sama emak-emak keceh di dunia perpumpingan dan dunia per-watsapp-an, mau gak mau udah mulai aja kepikiran tentang sekolah si bayi ini..entar. Catet yaaa - entar! Rrr..entar ? wkwkwk..!
 
Cita-cita sekolah ideal buat Devdan, kalau dari kami nih sebagai orangtuanya adalah Jarak dari rumah. Ya ampun kakak, siksa banget loh itu yaa ngantor harus paling engga sejam dijalan, ehm bisa total dua setengah jam kalau sama pulang. Makanya, pengen banget Devdan bisa sekolah yang gak harus membuat dia itu menghabiskan banyak waktu dijalan. *yaak silahkan hitung ada berapa kata jalan di paragraf ini*. Berikutnya adalah masalah bahasa. Nope bukan sekolah yang harus ngajarin bahasa inggris gitu (tapi kalau sekedar mengenalkan macem daycare Devdan ini bolelah..).. Tapi yang paling penting adalah justru bahasa bawaan dari rumah masing-masing teman sekolahnya nanti.

Ehm.. yaa maaf kalau ada yang tersinggung, tetapi gak bisa bayangin aja nanti semisal nih Devdan tetiba dapet kata-kata "Eih Elo ngapaen Dimari Nek ?, gue gib*ng nih" terus ketemu sama uthie atau mbah-nya di kampung halaman sono terus ngomong beginian. Aaak jangan sampai lah ya nak *eyus-eyus Devdan.. Bisa siyok ntar mbah-mbah mu nak.. Oleh karena itu saya pengen banget bisa sekolahin Devdan, yang guru-gurunya bisa mengontrol bahasa keseharian anaknya, jadi lebih sopan dan tetap santun. Pengennya juga yang sekolah halamannya luas...biar devdan bisa bebas aja gitu eksplor sana sini. Terus ada antar jemput sekolahnya (jadi bayangin bus sekolah gitu sih ahahaha *dipentung satpam)... Sekolah yang tentunya gak maksain harus bisa calistung di usia dini. Yang gak lupa juga ngasih contoh dan ngajarin tentang agama dan akhlak.. dan yang paling terakhir sih SPP/uang sekolahnya gak yang muahal banget.. (sekolah haratis bagus ada gak sih disini?..eh ini beneran nanya sih sebenernya..)

Nah gegara dihasut hihihi tepatnya terhasut oleh emakers yang udah pada mulai nyari sekolahan anak-anak piyiknya. Aku juga mulai aja deh ikutan survey sekolah apa aja sih yang deket sama rumah. Ih sungguh senang sebenernya banyak banget pilihan sekolah di sekitaran rumah kami ini. Kategori yang area menengah jangkauannya (tapi masih terbilang deketlah) itu ada sekolah-sekolah internasional di bilangan Bintaro situ macam Global Jaya, Pembangunan Jaya, Mentari School, Sekolah Jepang itu, ada British international school juga, Al Azhar 17, Auliya, Tunas Indonesia, Budi Mulia Dua, Sekolah alam bintaro, BPK Penabur..err dan mungkin masih banyak yang aku gak tau yaa hehehe..

Terus kalau yang dari segi jarak lumayan deket itu ada lah yaa Kandang Jurang-nya Dik Doank, sekolah alam Tating, High Scope, Al-Kautsar, JIMS , Tara Salvia, Bumi Bambini, dan gak tau apa lagi yaa belum sempet survey ke arah lain lagi sih yaa.

Naah kalau soal pengen mah pengan sekolah yang paling deket aja hehehe biar gak nyusahin Devdannya. Tapi kan juga pengen yaa survey-survey ke sekolah lain..*hiks takut tergoda terus jadi mengorbankan Devdan tapinya. Tuh belum mulai survey aja aku sudah menggalau begini yaa.. "Etapi yaa kalau gak pernah mencoba mulai nyobain survey sekolah sedini mungkin, keburu nyesel loh kamu" ih macem itulah hasutan ibuk-ibuk di salah satu grup WA saya. Tapi kok ya masih males yaaa.. Eh tapi kok dibilang ntar nyesel..! Dan akunya jadi penasaran dong kakak.

Gambar pinjam dari sini


Maka dimulai dari iseng, nanya temen sekantor yang kebetulan anaknya sekolah di salah satu tempat yang itungannya dekatlah dengan rumah. Lanjut nelpon ke sekolahnya, maksudnya cuman mau nanyain tentang jadwal trial disitu. Ternyata yaa, trial itu harus ikutan daftar dulu alias ikutan ambil formulir pendaftarannya. Yang mana di sekolah ini tuh tanggal 11 Januari kemarin itu dibukanya. OK lah masukkan saja deh agenda ini ke HP ya, biar gak lupa. Dan pas hari H-nya tiba, kita semua tuh masih nyantai aja dari paginya, kita pikir kan ya deket ini sih ya lokasinya. Agak siangan sekitar jam sembilan pagi kita kesana. Mobil parkir udah banyak aja, eh tapi kayaknya sih mobil orang yang berenang disini palingan. Yup sekolah ini punya fasilitas kolam renang, yang kalau wiken dibuka buat umum.

Nanya sama sekuriti-nya dimana tempat ambil form, eh ternyata udah ada beberapa orang disitu. Sempet nanya bentar langsung shock aja karena dibilang formulir untuk kelas Playgroup A (usia 2-3 tahun) sudah habis, padahal mereka buka buat 20 orang loh. *emak mendadak stress. *pengen nangis *langsung lebay sedih terus mikir tar devdan sekolah dimana dong *nyesel! Yup Nyesel! *Dan langsung diteriakin di grup WA "Tuh kan..gue bilang juga apah" *terus jadi nangis beneran saya-nya.

Pak suami pun kembali berjuang ke dalam ruang administrasi itu. Sementara saya udah bengong, males, pengen pulang aja. Eh habis itu berasa fatamorgana ngeliat pak suami kibas-kibasin map putih biru di kejauhan. Eh...ternyata masih dapet itu formulirnya loh...*hurray.. Langsung konfirm kalau itu formulirnya PG A bukan. Habis itu langsung isi dan langsung dibalikin, gak pakai nanti. Oia ada uang pendaftarannya sebenernya dua ratus ribu rupiah. Yang mana gak bisa diambil lagi kalau misal kita cancel. Nah pas balikin formulir itu, mulai deh sesi tanya jawab ke pihak sekolahnya. Tentang metode ngajarnya, apa aja yang diajarin disitu, sistem penilaian, outdoor activity-nya juga ditanya-tanya. Yang jelas pertanyaan sih seputar apakah sekolah ini se-visi dengan cita-cita sekolah ideal menurut saya (dan pak suami juga sih) di atas tadi engga. Baru nanya jadwal trial sekolahnya kapan, dan next nya gimana. Semua itu dijelaskan lengkap loh sama si Bu Guru nya.

Sesi tanya jawab ini lumayan lama, karena saya baru sadar ternyata memang karena form yang baru saja saya serahkan itu memang beneran form terakhir yang tersisa. Sadarnya juga setelah ada calon ortu murid yang datang terus nanyain form, dan dijawab "Maaf form sudah habis untuk semua kelas "oleh bu guru tadi. "Jika ibu mau silahkan isi waiting list dulu." Kebetulan si Ibu tadi mau daftar untuk kelas PG B (usia 3-4 tahun) , dan saya lirik dong kertasnya sudah ada ENAM BELAS anak yang waiting list, sedangkan tahun ajaran ini mereka cuman mau buka buat dua atau tiga kursi aja gitu. Sisanya adalah dari anak-anak PG A ajaran tahun sebelumnya (yang rata-rata sudah ada dua puluhan anak) yang akan lanjut ke PG B. #Maigot!. Bahkan si Ibu Guru tadi juga bilang sih ke ibu, mungkin sebaiknya coba cari sekolahan lain juga, takutnya memang gak ada kuota yang cancel. Eh saya beneran siyok loh dengernya, ternyata cari sekolah itu gak gampang ya kakak! Pantesan temen kantor kalau udah saatnya cari sekolah banyak yang ngeluh stress.

So far sih untuk sekolah yang ini hampir masuk semua kategori yang dicita-citakan tadi. Jaraknya deket banget dari rumah (sekitar 1,2 km). Ada fasilitas antar jemput dari sekolah (dengan memperhitungkan ada pengantarnya juga), mobil antar jemputnya juga bukan asal aja semacem mobil omprengan gitu. Halamannya luas banget, jadi berasa semi sekolah alam gitu deh karena punya space buat outbound yang cukup mumpuni lah. Punya kolam renang juga hehehe... Kalau dari kurikulumnya sih gak keliatan kalau harus maksain anak bisa Calistung di usia dini. Kalau soal bahasa, so far sih bu guru tadi bilang masih bisa mengontrol anak didiknya, dengan salah satunya juga penyaringan saat interview dengan orangtuanya ini. OK, kita coba buktikan nanti setelah trial yaaa, tapi kalau dari ngobrol sama temen yang anaknya sekolah disini sih katanya it is much much better daripada "sekolah apa adanya" didepan perumahannya.

Cuman mungkin ini termasuk sekolah umum sih ya, bukan yang dibandroll khusus agama tertentu/yayasan tertentu. Tetapi yang paling utama adalah juga masalah biaya hehehe... Biayanya masih sangat masuk akal buat kami. Gak semahal sekolah yang ada label internasional-nya itu. Yaa tapi jelas kompensasi nya memang bahasa inggris disekolah ini bukan jadi bahasa yang utama diajarkan, paling hanya sebatas perkenalan saja. tapi jangan sedih kakak, sometimes ada juga loh pengenalan bahasa daerah (most Jawa sih kata bu guru, karena kalau dilihat dari asal orangtua murid kebanyakan memang dari situ). Tapi juga bukan berarti tidak ada pengenalan tentang dunia internasional, karena memang ada sesi khusus untuk mendatangkan tamu orang asing. Bu gurunya sih kasih cerita soal pengusaha pizza yang asli Italia dan orang India yang pernah jadi tamu mereka sebelumnya.

Look fun hah? Heuheu semoga sih yaa...Tapi yaa makin banyak baca spanduk sekolah-sekolah lagi pada open registration, jadi penasaran juga pengen liat yang lain. Entahlah ini namapun sedang ada di tahap galau kan yaa. Ditambah lagi, kalau nanti habis trial kita gak suka atau gak sejalan sama visi si sekolahan yang tadi udah 'cup bangku', bisa kita cancel deh terus pindah ke sekolah lain yang lebih menyenangkan hati. Eih tapi ini seriusan yaa anak dua tahun udah disekolahin aja? #mendadak ragu lagi. Err... kalau inget sama waiting list yang buat PG B aja tadi emang serem sih yaa.. Lah wong 20+ seat-nya PG A aja ludes hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Nah itu gimana kabarnya kalau tahun depan ngantri buat seat PG B yang jumlahnya cuman itungan jari satu tangan itu ya? We'll see deh gimana yaa next-nya, still on galau-mode deh ah kalau sekarang


Anyhow coba mampir ke blog ini aja nih, ada banyak list dan alamat lengkap sekolah-sekolah yang ada disekitaran Bintaro. *Selamat berburu sekolah kakak....




 

2 komentar:

  1. Gilingan. Gw belom nyari sekolah. Hahahaha. Apakabar anak gw ya? :P

    BalasHapus
  2. Aih tenang kakak..sepertinya aku nya yang parno an sih yak..hehe..

    BalasHapus

Thank you for leaving me a comment ^^