Halaman

Selasa, 18 Februari 2014

Saatnya stok sabar yang banyak

Bulan-bulan ini memang cuaca lagi okey banget yaa buat yang suka sama hujan, tapi bikin bete kalau atap rumah pada bocor, jalanan jadi makin macet gak karuan, musibah banjir disini dan disana. Apalagi kalau kejatahan anak jadi sakit. Duh rasanya hati ini mencelos, nyut-nyut gimana gitu yaa.. *definisi apa pula ini hahaha*. Habis baca cerita tentang dedek Bumi nya Bubun Citra yang habis sakit kemarin itu, langsung inget kalau pas ditanggal yang nyaris sama, Devdan juga lagi rewel dan kranki berat :) *lah kok bisa kompakan begini sih babies =.=
 
Jadi beneran yaa, sebelumnya itu sama sekali gak ada tanda-tanda yang mencurigakan kalau sakitnya Devdan kali ini bakalan lebih lama dari biasanya, datangnya pun tergolong tiba-tiba. Memang pas minggu itu, daycare (DC)-nya Devdan (as usual musim begini yaa) banyak yang batuk dan pilek. Tapi beneran sungguh seminggu sebelumnya termasuk minggu itu catatan keseharian Devdan selalu tertulis OK. Dan memang tanda batuk pilek gak keliatan.
 
Kamis 6 Februari. Pagi-pagi Devdan berangkat daycare cerah ceria biasa aja. Gak ada panas. Daily report-nya pun tertulis OK. Sore hari waktu dijemput memang terlihat lebih lemas, tapi masih lincah ceria. Di mobil gak mau duduk di carseat, maunya nen sepanjang perjalanan. Nah selama nen ini, udah mulai kerasa tuh kalau suhu badannya agak lebih meningkat dari biasanya. Kami pikir Devdan cuman kurang tidur aja tadi waktu di DC. Malam itu si bayipun tertidur lebih cepat. Tapi lebih rewel dari biasanya karena panas badannya.
 
Jumat 7 Februari. Pagi-pagi hilang sama sekali panasnya Devdan. Jadi berangkatlah ke DC seperti biasa. Jam sembilan pagi ditelpon sama caregiver-nya kalau Devdan panas. Langsung bikin appointment sama dokter Attila di Fx. Oia mumpung inget sekalian nanya ke dokter tentang benjolan yang ada di belakang telinga kanan Devdan. Ternyata Devdan kena radang telinga, batuk dan pilek. Karena benjolan itu sudah lumayan lama sebenernya terdeteksi oleh kami (cuman belum sempat aja konsul ke dokter),  dan panas si bayi diatas 39.5 degcel maka antibiotik dianjurkan untuk diminum. Alasannya karena telinga dekat sekali dengan otak kata si dokter, just don't take a big risk. Yak kamipun menurut saja deh. Sorenya panas masih ada di sekitaran angka 39 degcel.
Malamnya hampir mirip lah sama kayak ceritanya Citra (bubunnya dedek Bumi) tadi, Devdan berkali-kali terbangun, gak mau lepas nen. Kalau dilepas ngamuknya luar biasa. Nangisnya itu kuenceng banget. Dan ini terjadi sepanjang malam itu. Ganti-gantian sama Ayah mencoba menenangkan Devdan, tapi nol besar hasilnya. Sepanjang malam itu paracetamol dan thermometer setia sekali menemani saya dan si Ayah.
 
Sabtu (8) - Minggu (9) Februari. Kejadian lagi hal yang sama, pagi sampai menjelang sore panas dan demamnya Devdan benar-benar menghilang. Si bayi sibuk loncat kesana kemari gak bisa diajakin istirahat aja. Syukurnya makan kali ini masih mau, sup ceker jahe masih mau dilahapnya sampai habis. Mungkin bikin hangat badannya kali yaa jadi dia masih mau makan. menjelang jam empat sore, suhu badannya kembali meningkat. Sumpah saya mulai waswas. Makan sore selalu ditolaknya. Ngamuk banting-banting badan aja kerjaannya. malam ini kembali lagi seperti malam sebelumnya kami sibuk begadang ngompresin si bayi kesayangan ini.
 
Senin 10 Februari. Seperti biasa panas menghilang di pagi hari. Batuknya makin berat dan sering. Pilek makin intens. Seharian gak ada telpon sama sekali dari daycare Devdan. Tiba-tiba jam empat sore pas jam pulang kantor, ada telpon dari DC, Devdan panas lagi. Hari itu muntah dan makannya cuman mau sedikit, itupun harus yang bubur banget dan ada kuahnya. SMS dokter Attila minta rekomendasi sebaiknya gimana, karena antibiotik juga sudah mau habis. Sempet gemes karena lama banget ih balesinnya. Malam itu tiap empat jam sekali paracetamol masuk ke tubuh Devdan. Kompres air hangat susah sekali mengejar peningkatan suhu tubuhnya malam itu.
 
Selasa 11 Februari. Dokter Attila balesin supaya cek darah saja. Cek darah rutin, DB dan juga Widal. Bingung harus gimana hari itu, akhirnya diputuskan untuk dititipkan ke DC hari itu, dan siangnya kami bawa ke RS Brawijaya untuk cek darah. Rencananya sore sekalian pas ambil hasil lab sekalian ketemuan sama dokter Attila. Tapi maaf ya nak, migren mommy kambuh hari itu. Otomatis mood mommy pun menghilang. Hasil lab akhirnya mommy cek lewat telpon saja. Hasilnya cukup melegakan. DB negatif, Semua tipe typhoid (tifus) juga negatif, Trombosit juga nilainya masih diatas 330-an. Hasil yang gak normal itu adalah Hb 9.8 (normalnya lebih dari 10) dan CRP yang sangat tinggi diangka 27 (normalnya kurang dari 5). Hasil googling dan penjelasan dari dokter Attila, nilai CRP yang tinggi ini mengindikasikan adanya inflamasi/infeksi aktif. Atau bisa juga menggambarkan kalau sedang ada aktivitas bakteri yang sangat tinggi di dalam tubuh kita. Malam itu Devdan ngamuk terus. Guling-guling kesana kemari. Nangisnya bener-bener tereak. Hikz..untungnya ada ayah yang sabar banget malam itu nemenin Devdan dan terus coba menenangkan Devdan, karena malam itu rasanya badan Mommy sakit sekali. Migren benar-benar bikin mood mommy menghilang. Hikz maap ya boy T_T
 
Rabu 12 Februari. Devdan terpaksa ditinggal sama Mbak Dew dirumah. Kata Mba Dew hari itu sama sekali gak mau makan, cuman mau main di kasur. Minum susu nya dikit banget. Badannya hangat. Duh kesian banget kamu nak, lemes banget kan karena seharian gak ada makanan masuk. Demam stabil di 38.5 sesorean itu. Akhirnya karena sudah capek dan stress ngeliat kondisi Devdan yang gak segera membaik, coba nelpon klinik rumahnya dokter Tiwi di River Park Bintaro. Mbak yang angkat telpon bilang, dokter praktek cuman tinggal 15 menit lagi dan tinggal nunggu antrian tiga pasien lagi, kalau memang dekat rumahnya silahkan datang katanya. Aduh rek.. riverpark mah emang deket sih yaa, tapi gak deket banget juga kalau pake ada acara macet. Tapi kami bulatkan tekad untuk dicoba saja. Kalo kelihatannya gawat dan gak sempat ke dokter Tiwi yaa ke RS Premier Bintaro ajalah tak apa. Eh sampai disana, ternyata pasiennya masih banyak banget. Entah kenapa kok akunya yang jadi males. Nanya-nanya ayah jadwal Attila yang paling dekat. Cek-cek badannya Devdan. Dan akhirnya mantab bilang ke Ayah untuk menunggu sampai besok saja. Keliatannya malam ini everything can be controlled.
 
Kamis 13 Februari. Akhirnya ketemu dokter Attila lagi. Alhamdulillah radang telinga Devdan sudah sembuh. Cuman batuknya (dan slam di dada) masih kencang. Mau gak mau harus di inhalasi agar membaik. Kami ambil paket yang empat kali, berdasarkan rekomendasi dari dokter Attila. Huaaah...lega banget kami malam itu, Devdan nyenyak boboknya. Sayang sekali gantian ayah yang demam hari itu...Hikz..cepat sembuhlah ayah.
 
Jumat 14 Februari. Positif aku pun demam.Tapi gak enak sama kantor, kalau kami berdua sama-sama ijin sakit. Maka ijin cutilah aku hari itu. Yang katanya hari kasih sayang, kami manfaatkan buat istirahat bareng-bareng di rumah *hehe so sweet yak* (Tahun kemarin juga pas tanggal ini, Devdan juga sakit dan gak masuk DC hehe...)
 
Sabtu (15) dan Minggu (16) Februari. Alhamdulillah, makin membaik semuanya. Ternyata memang si slam ini lah sumbernya. Boboknya juga udah kembali semula. Tapi ya itu menyisakan PR buat kami soal pemulihan berat badan dan mengembalikan hasrat untuk makannya. Pelan-pelanlah, semoga makin sehat ya nak...
 
Pengalaman sakit Devdan kali ini memang butuh sabar yang luar biasa. baru kali ini sakitnya bisa lebih dari sepuluh hari. Makanya keliatan banget kan kalau sabarnya musti dilebihkan dari biasanya. Buat yang lagi pada dikasih sakit semoga segera lekas sembuh yaaa... stok sabar yang buanyak kalo kata tetangga baik hatiku itu..hehehe...
 
Ayo anakku menggendutlah kembali hahahaha... ^^ Mommy mau gigit pipi bakpaomu lagi soalnya hehehe...
 
 
 
 
 
 


1 komentar:

  1. Sabtu minggu kemaren anak bayiku juga panas Mak. Dan Alhamdulillaahnya sudah sembuh sih.
    Semoga anak kita sehat selalu ya..

    BalasHapus

Thank you for leaving me a comment ^^