Halaman

Rabu, 07 November 2012

Bayi dan belanjaannya ^^

Nah..sekarang pengen nih share list belanjaan buat Devdan sebelum lahir. List yang ada disini aku bikin sendiri TAPI isinya nyontek dari berbagai forum/milis, dan selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Baiklah kita mulai list pertama yaa =) hehehe..


Well.. OK dari list diatas kayaknya aku banyak banget ya beli baju hangat, soalnya lingkungan si devdan nanti bakal lebih sering diruangan AC (termasuk daycare saat Devdan masih 1,5 bulan).. Hmm dan dari pengalaman kemarin baju kutung (baju tak berlengan) sepertinya terlalu banyak aku belinya #jadi banyak yang gak sempet kepake deh#. Celana Pop aku lebih banyak beli yang ukuran bukan newborn, jadi masih kepake sampe Devdan 4 bulan. Bedong instan kemarin gak terlalu kepake, cuman 1-2 kali aja. Gurita totally gak berfungsi, cuman dihari awal aja. soalnya kata DSA waktu itu si baby jadi susah latihan nafas dadanya, selalu pakai nafas perut (#eh atau kebalik yaa...)
 
Dan tentang clodi, suwer..deh di awal pengen banget nyoba-in pakai clodi sampai udah save beberapa olshop yang jualan clodi lucu. Tetapi realitanya aku terlalu malas nyuci-nya, jadilah devdan jadi selalu pakai pamp*rs (hikz..). Sekarang ini Devdan udah punya 4 Clodi sebetulnya lho..(#dua kado dari tante inyon, makasih yaa..). jadi kebutuhan "per-baju-an" ini sepertinya disesuaikan saja dengan lingkungan baby nantinya. Soalnya sayang juga lho kalo beli kebanyakan, baby cepet banget besar itu benar sekali ternyata hehehe...Satu lagi baby born - Bibs belinya yang lemes aja bahannya ga usah yang kaku dulu (yah walaupun gambarnya lebih lucu-lucu sih), gak banyak kepake jga kemarin.

Next adalah list untuk perlengkapan mandinya :


Yang kuning-fill itu artinya belum terlalu necessary buat dibeli untuk newborn ya ibues. Hampir semua yang ada disini berguna, kecuali ya si termometer air itu, cukuplah hanya dikira-kira saja..Oia untuk "kosmetik bayi" saranku sih beli yang serba ukuran kecil saja, jaga-jaga kalau ternyata si baby alergi. Dan sebenarnya kosmetik bayi yang paling kepake diawal itu sama baby devdan cuman sabun, minyak telon sama diaper rush (yup Devdan sempet kena diaper rush waktu umur 2 minggu), selebihnya sih sampe sekarang pun yang lain-lain itu arang banget dipake, termasuk bedak dan shampoo (#pake yang top to toe soalnya hehehe).

Nah yang list berikut ini termasuk sangat penting menurutku, jadi memang musti dianggarkan ya ibues ^^


Jumlah botol kaca untuk simpan ASIP diawal emang gak terlalu banyak, karena toh juga masih lebih sering mimik langsung ke PD =).. Nah baru setelah mulai aktif nabung ASIP jumlah botol yang kupunya ada 80an botol. Oh iya di list belum ada breastpump ya? kayaknya perlu banget deh dimasukin, kecuali udah jago pake tangan (#kasih 4jempol buat yang jago hehehe...). Dot sengaja beli dua yang beda merk-nya, terserah Devdan lebih milih yang mana nantinya hehehe...dan bener kan, dot yang merk Tomtip cuman mau dipake sebentaran aja sama si Devdan, dan dia lebih mencintai si dr.Brown nya..

Berikutnya, adalah untuk perawatan tali pusar, sejujurnya yang kami beli cuman Alkafil saja, soalnya yang lain udah ada di giftset yang dari rumah sakit dan beberapa juga sudah ada di kotak obat dirumah, jadi before buy it, checked your belonging eh...checked your storage first yaa ^^

 
Terus kalau buat perlengkapan tidurnya, hehehe hampir semuanya kepake sih, cuman ada sedikit note nih untuk bantal yang ada lekukan kepala atau bantal peang biasanya disebutnya. Jangan terbujuk rayuan mbak-mbak pramuniaga untuk beli more than one. Why? karena selain mungkin ada yang ngado itu, waktu devdan kemarin dia cepat sekali berganti ukuran bantal. Bahkan pas di umur 3,5 bulannya kemarin, dia udah pakai bantal yang lebarnya sama kayak yang kami pakai TAPI yang lebih empuk dan lebih tipis. Walhasil nih sekarang, dikamar ada tumpukan beberapa bantal kecilnya Devdan bok =,= . Bantal tipis kecilnya malah sekarang udah berubah fungsi jadi kipas buat ngipasin si tuan kecil ini kalau lagi kepanasan. hihihi...

Nah kalau di list yang di bawah ini, seperti dipostinganku yang ini, beberapa barang aku prefer untuk sewa saja hehehe.. Mainan juga aku beliinnya pas Devdan udah mau dua bulan. Dan kalau ngomongin soal freezer ASIP niatannya tadinya mau beli hehehe..tapi ternyata sekalian aja bisa pakai freezer kulkas aja, dan alhamdulillah sampai Devdan almost 5 months ini, stok masih penuh (walaupun ini pompa hasilnya udah mulai berasa seret...hikz...tolong...). Oia barang wajib belinya itu adalah termometer badan, kalau bisa sih digital yang bisa ke telinga juga. membantu sangat lho, terutama untuk emak-emak yang parno-an dan khawatir-an kayak aku ini. hehehe.. Devdan sempet panas pas habis imunisasi combo DPT-Polio-HIB yang pakai *Pediac*l itu. Hampir tiap 5-10 menit sekali, aku pasti cek deh suhu badannya berapa. #khawatir sangat ih waktu itu.


Last but not least #tsaah.. inilah peralatan buat kita sendiri, eh ternyata breastpump udah ada ya di list yang ini hoho...maap maap kirain tadi belum ada sodara-sodara...^^ Berhubung si dokter cantikku bilang gak usah pakai korset, karena kalau kekencengan makenya suka jadi jaha sama bekas jahitan..maka sampai sekarang aku hampir gak pernah lagi pakai yang namanya gurita atau korset itu. #dooh pantesan aku gak kurus-kurus yaak hihihi...Oh iyaa untuk pembalut bersalin ini, stoknya sebenarnya tiap orang bakal beda-beda ya..Kalau aku kemarin darah nifas yang keluar banyak cuman di minggu awal pas masih di RS aja, selepas itu udah pakai pembalut biasa untuk pas menstruasi juga cukup kok. Malah awalnya aku sempet lho maksain beli pembalut bersalin yang merk soft*x itu. Eh malah iritasi karena gak cocok..yasudahlah lebih aman ke pembalut yang biasa dipake saja sepertinya hehehe..


Baiklah semoga list ini bisa yaa, sedikit membantu para calon ibu baru yang lagi browsing-browsing dan siap-siap mau belanja hehe...#yaah kali aja blog ini ada yang iseng baca atau cuman gak sengaja terdampar hahahaha... happy shopping and don't forget always balance your credits hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for leaving me a comment ^^