Halaman

Rabu, 10 Oktober 2012

Balada mencari ART ^^ : susah ternyata yaaa...

Balada pencarian ART..kayaknya sering banget dialami oleh ibues yaaa ^^..

Yaa..yaa..masalah ART (asisten rumah tangga) juga salah satu hal awam buat para ibu rumah tangga baru seperti aku ini. Gimana tidak, dari kecil sudah terima jadi saja tiba-tiba udah ada ART yang tentu saja pilihan ibunda kan hehehe... Beranjak dewasa, sudah totally apa-apa sendiri, maklum anak kost..hingga masalah per-ART-an ini tak adalah dikamus aku waktu itu. Hingga akhirnya kira-kira kurang dari setahun lalu, setelah akhirnya menikah dan punya rumah sendiri, plus hidup berduaan cuman sama suami, masalah per-ART-an ini jadi ada di top list kami hehehe..apalagi sejak ketahuan ada cikal bakal baby Devdan di perutku. Maka balada pencarian ART-pun dimulai...

Setelah tanya kanan kiri, minta tolong pak RT dan sekuriti perumahan, juga nanya-nanya mbak ART rumah tetangga. Waktu itu usia kandungan sudah mau masuk tujuh bulan.. Hmm lumayan dengan perut buncit seperti itu bebersih dan masak sendiri, kalau untuk cucian udah lama nyerah hehe semua di drop ke laundry kiloan deket rumah. Makanya pengen banget cepet-cepet punya ART dan pengennya sih ART yang bisa bebersih, masak sekaligus bantuin jagain bayi.

  1. Hampir sebulan nunggu kabar gak dapet-dapet juga, akhirnya datanglah sekuriti perumahan yang bilang bahwa budhenya mau bekerja di rumah kami. Kami bilang yaa sudah bawa sajalah kesini dulu untuk ngobrol-ngobrol. Ditunggu-tunggu eh...kok gak dateng-dateng juga, akhirnya disamperin lah si mas sekuriti ituh, dan dibilang maaf Pak/Bu, Budhe saya kayaknya gak jadi kerja ditempat ibu soalnya udah pegang di beberapa tempat. Tapi nanti saya tanya dulu ke istri saya yaa...Hmmm Ok deh...
  2. Besoknya, selepas magrib akhirnya datang juga si mas sekuriti ini. Dia datang bareng satu orang perempuan masih muda, perawakannya mungil..ternyata inilah istri si mas sekuriti itu. Teh Heni namanya. Umurnya baru 18 tahun dan mereka ini pengantin baru, jadi belum punya anak. Setelah interview sebentar dan jelasin pekerjaan Teh Heni nanti dan juga gaji yang bakal dia terima. Akhirnya kami terima dululah Teh Heni ini.Jadi kerjaan teh Heni nanti itu cuman standar aja bebersih rumah, toh rumah kami juga tidak terlalu besar. Masak sesekali jika kami ingin makan dirumah (maklum masih bumil waktu itu, kadang-kadang masih pengen makan yang aneh-aneh hehehe). Jadi dia datang jam 7 pagi lalu balik jam 5 sore. Kerjaannya rapi dan bersih banget. Dan lagi dia jarang pegang hape. Cekatan dan cepat sekali belajar hal baru. Cenderung pemalu dan jarang keluar rumah (hehe jadi jarang bergosip deh hehehe). Sayang dia belum pernah pegang bayi. Jadilah kami berencana mencari satu ART lagi yang nantinya bisa bantuin jaga baby Devdan.
  3. Dengan adanya teh Heni ini kerjaan dirumah jadi sangat terbantu, tapi masih ada PR nih buat cari ART lagi untuk si dedek ini, Bulan Juni baby Devdan sudah lahir, dan belum ada ART yang bantuin dan benar-benar cuman kami berdua dirumah. Sudah mulai stress setiap kali denger Devdan nangis. Ditambah lagi, kena diaper rush sepertinya, karena ada ruam merah disekitar selangkangannya (hikz). jadi mau tak mau harus dapat nih ART. Segera! Hahaha dan lagi-lagi si mas sekuriti ini datang lagi bilang kalau Ibunya mau kerja dan dia sudah biasa pegang bayi. Langsung aja aku suruh datang terus biasa kasih penjelasan kerjaan bahwa konsentrasinya cuman jagain dedek aja, supaya siang bunda Devdan bisa istirahat siapin tenaga buat shift malamnya. Oia waktu pertama datang kerumah ada anak kecil yang nempel banget sama si ibu Dede ini, waktu ditanya dia siapa dibilang itu cucunya. Besoknya si Ibu Dede ini datang dan omigod..dia bawa serta si anak kecil itu kemarin. Bukan tidak senang ada anak kecil itu. tapikan konsentrasi dia gak bakal sepenuhnya ke Devdan dong yaaa...Dan benar saja si Ibu kemana ini bocah ngikutin wae. Pas Devdan nangis dan si ibu gendong ini bocah malah gelayutan dikaki si Ibu. Jadi bisa dibayangkan Si ibu konsentrasinya terpecah antara gendong nenangin Devdan dan marah-marahin sibocah yang lagi gelayutan dibawahnya. Langsunglah aku tegur plus juga info ke si mas sekuriti itu tentang adanya si bocah ini. Pagi sehabis Devdan jemur dan mandi, si Ibu Dede ini ijin mau pulang katanya mau antar si anak kecil ini pulang kerumah, terus dia balik lagi. Ditunggu-tunggu sampai mau dzuhur..eh si Ibu gak balik-balik. Tanya-tanya dong tentang hubungan si anak kecil itu dengan Ibu Dede ke teh Heni yang notabene adalah menantunya. Intinya mereka itu dekat sekali, karena dari kecil si bocah itu diasuh oleh Bu Dede. Well baiklah selesai interogasi langsung kami sms si mas sekuriti, bilang kalau kami mau cari yang lain lagi saja, si Ibu istirahat saja jagain cucunya dirumah =). Well mari kita cari lagi..
  4. Besoknya ART sebelah rumah bilang, kalau keponakannya mau kerja ditempat kami. Katanya sih nanti malam mau datang. Eh..ditunggu-tunggu tak datang jua hikz..kecewa! Paginya, ART sebelah bilang keponakannya itu lagi pergi beberapa hari jadi mungkin gak bisa bantu kami segera. Dooh gimana dong yaa.. 
  5. Hmm tapi mbak ART sebelah itu bilang ada lagi sih kakaknya tapi dia baru aja jatuh dari pohon kapuk, jadi kakinya masih bengkak jadi agak susah jalannya. Namanya Nenek Aisyah.  Sebenernya gak tega juga sih mempekerjakan beliau, disamping ngeri liat nenek yang kakinya lagi sakit gendong-gendong Devdan. Tapi apa daya kami butuh orang. Dan resmilah Nenek Aisyah kerja sama kami saat baby Devdan masih 9 hari umurnya.
Oia nenek ini lincah juga lho orangnya, cepet kerjanya saking cepetnya kadang suka gak bersih =(. Sehingga diawal bener-bener musti dijagain dan dikasih tau berulangkali apa yang boleh dan yang gak boleh buat si dedek. Hebatnya dia cepet belajar..tapi yang paling suka bikin kesal adalah dia itu ngeyelan, maklum kali yaa sudah sepuh jadi yaa dia maunya kerja sesuai maunya.Sampai suatu ketika dia berturut-turut ketauan membohongi kami, padahal belum ada sebulan lho dia kerja sama kami.

Kejadian pertama adalah dia memakai pemutih untuk cuci baju Devdan...omaigod padahal jelas-jelas ketauan. dan dia masih bohong bilang enggak. Berikutnya adalah tentang masakan. Sudah dibilang kalau tugas nenek itu jaga Devdan saja tapi entah kenapa yaa, bosen kali, pas Devdan bobok dia itu kadang suka bantuin teh Heni nyuci, nyetrika bahkan sesekali masak, sudah diwanti-wanti juga kalau kami ini alergi Royco/vetsin2 lainnya. Well secara umum its OK as long jagain Devdan gak keganggu. Pun udah nitip pesen ke teh Heni untuk jagain Devdan kalo pas tiba-tiba si nenek keasikan malah ngerjain yang lainnya.

Beberapa hari kemudian, si nenek masak, tumben aku cium bau yang agak gak enak dan makanku pun tak lahap. Seharian kepala ini berat sekali dan sesak nafas. Kupikir masuk anginlah aku. Eh ternyata malamnya suamipun mengeluh hal yang sama. bahkan malam itu aku mabok berat, mual dan muntah. Suami langsung cek ke tempat sampah dan menemukan ada satu bungkus Royco kosong. Omaigod...nenek! dan besoknya kami menginvestigasi teh heni sebelum menanyakan langsung ke nenek. Mengejutkan, kata teh heni waktu teh heni mengingatkan nenek untuk gak pakai Royco itu dengan entengnya si nenek bilang "Alaaah..mereka juga gak bakal tau ini.." Apaaaa?? marah dan kesal bercampur aduk waktu itu. Pengennya langsung cut aja, tapi yaa musti sabar katanya. Dan jelaslah waktu tanya ke nenek tak mengakulah dia. Sampai akhirnya dia ketauan lagi pake pemutih dan pewangi senprot waktu setrika baju Devdan, kami putuskan untuk mengistirahatkan nenek sementara. Dan ART kami cuma teh Heni deh akhirnya, harapannya sih dia gak aneh-aneh nantinya.

Amiiin hehehe...baeklah nanti diupdate lagi ceritanya yaaa...begitulah ternyata memang susah sekali yaa cari ART yang bener-bener sreg dan cocok dihati. Sampai sini ini sih, teh Heni masih baik-baik saja..Masih rajin dan bersihan orangnya.. we'll see hehehehe....


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for leaving me a comment ^^